Kesehatan

Published on November 9th, 2018 | by admin

0

Healthy Active Life Style

Gaya hidup aktif yang sehat  adalah keseimbangan antara nutrisi  sebagai asupan dan aktifitas gerak yang dilakukan secara rutin . Mengapa gaya  hdiup aktif sehat ini secara menjadi trens setter akhir-akhir ini ?. Tak lain dan karena gaya hidup inilah yang akan menjamin sehat di hari tua.

Berapa besar posrsi keseimbangan  antara asupan dan aktifitas gerak, lalu as7pan yang bagaimana yang dibutuhkan, dan gerak apa yang yang ideal untuk seseorang, dapat dijelaskan sebagai berikut.

Posrsi keseimbangan asupan yang berupa nutrisi berkualitas dengan aktifitas gerak adalah 80% berbanding 20%. Asupan nutrisi 80% dan gerak 20%.

Apa itu asupan nutrisi yang berkualitas ? Asupan nutrisi yang berkualitas adalah keseimbangan makronutrisi yang terdiri dari 40% karbohidrat, 30% lemak dan 30% protein. Karbohidrat adalah asupan makronutrisi yang diperlukan tubuh dan langsung dirubah menjadi energi. Oleh karenanya kenapa sarapan tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, dan disarankan kar tetapi lemak yangbohidrat kompleks dengan nilai Glikemik Indeks yang rendah, shingga tidak cepat lapar dan tidak cepat dirubah menjadi gula darah. Hal terakhir ini yang menyebabkan pancreas bekerja berat. Disinlah kenapa gerak berupa olah raga apakah jogging, running, senam dan dapat dipadukan dengan angkat berat diperlukan untuk mengkompensasi gula darah dan energi yang berlebih sehingga tidak ditimbun dalam tubuh. Disarankan per hari minimal 20-30 menit berolah raga.

Protein sangat diperlukan bagi tubuh seperti protein dari kedelai, putih telur daging ayam dan beberapa contoh daging merah (sapi, kambing, termasuk bebek, kepiting dan udang) yang memiliki kadar lemak yang cukup tinggi. Protein sejatinya untuk membangun tubuh dan membentuk otot yang rusak baik akibat penuaan ataupun exercise. Protein ini juga memberikan sinyal ke otak seolah kita merasakan kenyang terus. Oleh sebab itu sudah harus mengurangi karbihidrat dan menambah jumlah asupan protein.

Bagaimana dengan lemak, lemak dibutuhkan untuk sel dan jaringan, tetapi lemak yang baik seperti Omega-3, untuk itu harus mengurangi lemak jahat Omega 6 dan Omega-9. Kurangi goreng-gorengan dan perbanyak makan ikan laut.

Kita berkesimpulan bahwa gaya hidup aktif sehat adalah memahami nutrisi sebagai asupan dan pemilihan pola makan yang sehat disertai dengan rutinitas berolah raga sehingga tubuh benar-benar  dalam kondisi yang prima, usia sel yang sehat, memiliki masa otot yang tinggi dan berkadar lemak sangat rendah. Orang yang bergaya hidup aktif sehat terbebas dari segala penyakit degeneratif, memeiliki tubuh ideal, bebas kolesterol dan asam urat


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑