Pengelolaan Berat Badan

Published on January 18th, 2017 | by admin

0

Program Turun Berat dengan Keseimbangan Otot, Air dan Lemak (OAL)

Di dalam tubuh manusia terdiri dari tiga faktor yang dominan, yaitu Otot, Air dan Lemak. Idealnya ketiga faktor ini harus seimbang antara otot, air dan lemak.Seimbang dalam arti porsi masing-masing. Misalnya kandungan air untuk pria antara 55 – 65 %  dan wanita antara 50 – 60%. Massa otot harus tinggi, sedangkan porsi lemak ditekan serendah-rendahnya.

Index lemak dalam tubuh tergantung dari variasi usia dan jenis kelamin Untuk pria usia 20 – 24 tahun ideal lemak yang terkandug adalah 10,8 kg dan jika lebih dari 23,3 kg jelek, dan wanita pada rentang usia yang sama 18,2 kg lebih dai 29,6 jelek. Di atas 40 -44 tahun untuk pria 17,5 kg  dan bila di atas 26,9 kg jelek dan wanita 22,6 kg dan bila di atas 32,8  kg jelek. Dan 60 tahun ke atas pria 20,2 dan bila di atas 29,3 kg jelek dan wanita 27,4 kg bial di atas 37,3 kg jelek.

Lemak ini terdiri dari lemak tubuh yang berada di bawah kulit dan di sekitar bagian perut yang disebut lemak perut. Index lemak perut ideal antara 1 – 4. Dan 5 – 8 baik, 9 – 11 Medium artinya sudah sedikit kelebihan dan di atas 12 buruk, ini memprihatinkan. Karena penyakit degeneratif timbul dari bagian perut ini. Sperti penyakit darah tinggi, jantung dan diabetes. Belum lagi fatty-lever, dimana hati kita terbungkus oleh lemak yang berlebihan.

Kebanyakan dari kita untuk mengurangi berat badan dengan cara diet, yaitu mengurangi makanan. Cara diet yang konventional ini jelas akan menurunkan berat badan, akan tetapi terjadi ketidak seimbangan masa otot. Masa otot  berkurang dan lemak ikut stabil atau juga mengalami penurunan. Hal inilah yang harus dijaga. Massa otot harus naik dan porsi lemak harus turun. Maka tidak heran orang yang melakukan diet terlihat kurus dan tidak segar. Karena masa ototnya turun dan kekurangan nutrisi.

Untuk menjaga masa otot dan keseimbangan, bagaimana ini dilakukan, tentu dengan mamasukkan nutrisi yang cukup dan mengatur pola makan sesuai dengan kebutuhan kalori. Jadi dengan nutrisi yang seimbang, protein tetap terpenuhi sehingga massa otot akan naik dan porsi lemak akan turun. Inilah cara diet masa kini, yaitu nutrisi yang seimbang dan pengaturan pola makan sesuai kebutuhan kalori dari tubuh kita. Jika ini dilakukan sampai mencapai optimasi 80% dan ditambah olah raga 20 % maka tubuh menjadi ideal.

http://bit.ly/yuclub03


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑